Profile

Join date: Oct 27, 2022

About
0 Like Received
0 Comment Received
0 Best Answer

Daya Ambil Pantai Pasir Putih di Situbondo, Airnya Bening dan Ombaknya Tenang


Pantai Pasir Putih, di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, pas diputuskan untuk isi akhir minggu dengan keluarga. Sama sesuai namanya, bentangan pasir putih di sini jadi daya magnet yang sayang untuk dilewati. Menariknya, pelancong bisa juga nikmati pemandangan cantik bawah laut di atas perahu.


Pantai ini memiliki jarak lebih kurang 23 km di samping barat pusat perkotaan Situbondo. Keadaan ombaknya termasuk tenang, hingga dapat dipakai untuk bermain air disekitaran bibir pantai. Pantai Pasir Putih makin unik, dengan panorama jejeran perahu monitor berwarna-warni yang berganti-gantian mengusung pelancong untuk nikmati pemandangan di tengah-tengah laut. Berikut pembahasan secara lengkap.


Olle Ollang dan Menyaksikan Pemandangan Bawah Laut

Tidak komplet rasa-rasanya bila ke Pantai Terindah Pasir Putih tidak mencoba kesan perahu monitor, Olle Ollang. Perahu ini dapat bawa pengunjung sampai ke tengah laut. Daya magnetnya, perahu ini mempunyai kota kaca di dasarnya. Ini memungkinkannya penumpang menyaksikan keadaan dan pemandangan bawah laut yang disanggupi ikan dan karang.


Pengurus sewakan sarana sampan pada harga Rp30 ribu. Dan untuk perahu dengan jalur ke tengah laut, biayanya sekitaran Rp100 ribu. Ongkos masuknya cuma sejumlah Rp10 ribu, plus tambahan sewa ban Rp20 sampai Rp30 ribu bila ingin berenang menggunakan pelampung itu.


Nikmati Situasi Pantai di Darat Tidak Kalah Asyik

Selainnya bermain di air laut, beberapa pelancong banyak juga yang sekedar habiskan liburan di bibir pantai. Mereka dapat terus santai, sambil mencicip beberapa sajian yang dipasarkan beberapa pedagang. Di situ, pengurus sediakan alas sewaan yang dapat digunakan bersama.


Dua saat yang pas untuk nikmati situasi pantai ialah sore dan pagi hari. Saat matahari tenggelam, panorama disekitaran akan makin memikat dan tentu saja dapat didokumentasikan untuk keperluan upload sosial media.,Tidak perlu cemas panas, di sejauh bibir pantai ada jejeran pohon-pohonan yang cukup teduh membuat perlindungan dari sinaran matahari langsung.


Dapat untuk Therapy

Daya magnet lain dari pantai yang berada di Dusun Bungatan, Kecamatan Bungatan ini, pengunjung dapat nikmati udara pantai yang dipercaya baik untuk kesehatan. Bahkan juga ada pengunjung dari Kabupaten Bondowoso yang menyengaja tiba tiap akhir minggu untuk therapy untuk anaknya yang terserang penyakit asma. Disebut jika keadaan udara di situ dapat memudahkan penyakit itu, dokter merekomendasikannya.


Karenanya, tidak cuma si anak yang jalani therapy udara pantai. Orang tuanya berasa suka sebab bisa turut mengaplikasikan therapy alami itu, untuk kesehatan pernafasannya. Saat wabah Covid-19 lalu, lokasi pantai dijadikan tempat karantina dari beberapa pasien yang terverifikasi. Argumennya karena pantai yang tidak jauh dari jalan khusus penyambung Jawa-Bali itu, masih sepi dan berjauhan dengan permukiman. Udara yang alami, dengan cahaya matahari langsung menyoroti ke pantai akan menolong proses pengobatan dari pasien.


Dapat Sewa Pemondokan

Untuk pengunjung di luar kota, tidak perlu cemas masalah pondokan. Di lokasi, pengurus telah sediakan beberapa pemondokan yang dapat dipakai dengan keluarga. Harga termasuk dapat dijangkau, yaitu sekitar Rp250 ribu sampai Rp500 ribu per malam. Umumnya di pemondokan tidak sediakan makanan hingga pengunjung dapat manfaatkan warung atau rumah makan di lokasi itu.


Pantai ini, pas untuk rekreasi atau acara bersama. Ada tempat untuk membakar ikan yang dapat diperoleh dari nelayan sekitaran, atau bawa sendiri dari rumah. Karena sangat menariknya untuk didatangi, saat liburan lebaran Mei 2022 lalu, jumlah pengunjung di Pantai Pasir Putih melonjak. Bahkan juga dari penghitungan ticket, banyaknya capai 5.512 orang dalam satu hari.


Ada Oleh-olehan Bikinan Masyarakat Sekitaran

Kehadiran tempat wisata Pantai Jogja yang Berpasir Putih sekarang ini dijadikan sandaran ekonomi masyarakat sekitaran yang biasanya nelayan. Banyak kreasi cendera mata yang unik untuk dibeli, satu diantaranya kerajinan dari kulit kerang. Tidak kalah menjadi incaran, kaus dengan tulisan Pantai Pasir Putih Situbondo sayang bila tidak dibeli. Disamping itu, masyarakat jual bermacam ikan kering dan turunannya, seperti krupuk atau terasi.


Lokasi ini sebagai tujuan yang fasilitasnya disiapkan oleh Pemerintahan Kabupaten Situbondo. Pantai Pasir Putih sekarang ini dijadikan project percontohan penerapan program pendayagunaan ekonomi dan peningkatan halal nilai chain untuk produk industri dan usaha kecil dan menengah oleh Pemerintah provinsi Jawa timur. Dengan mekanisme halal itu, Pemerintahan Kabupaten Situbondo arahkan aktor usaha micro kecil menengah (UMKM). Teritori itu diputuskan karena dipandang spesial, yaitu Situbondo sebagai Kota Santri, sekalian mempunyai tempat wisata yang legendaris.


Situbondo jadi pintu masuk pelancong dari barat, terhitung dari Surabaya dan sekelilingnya atau dari timur, yaitu dari Situbondo sendiri, Kabupaten Bondowoso, Jember dan Banyuwangi. Karenanya, tempat wisata itu jadi seperti tempat istirahat (rest tempat) untuk warga yang lakukan perjalanan jauh dari beberapa wilayah di Pulau Jawa ke arah Banyuwangi atau bahkan juga ke Bali.

K
KairaRadhika

KairaRadhika

More actions